"Learning By Doing"

Sunday, October 16, 2011

PERAN PENDIDIKAN DALAM PEMBANGUNAN

6:54 AM Posted by Unknown No comments
a.       Pendahuluan
Melihat topik kali ini sangat menarik untuk dibahas karena meraka berkaitan erat satu sama lain. Tidak mungkin rasanya ada pembangunan yang sukses tanpa adanya ilmu pengetahuan atau dalam hal ini disebut dengan pendidikan. Dan begitu mungkin ada pendidikan yang semakin maju dan baik dari masa ke masa kecuali hal tersebut berasal dari pengalaman, penerapan, dan penelitian. Salah satu pengalaman itu adalah pembangunan peradaban, pendidikan, perekonomian, dan lain sebagainya. Oke.. langsung saja kita bahas satu per satu.


b.      Peran pendidikan dalam pembangunan Indonesia
                Pembangunan di Negara Indonesia sangatlah memerlukan banyak ahli diberbagai hal. Sebagai contoh dalam bidang perekonomian, kita pasti membutuhkan seorang yang ahli dibidang ekonomi untuk membangun sistem perekonomian yang baik. Begitu juga dibidang-bidang lainnya, kita haruslah memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi agar berdampak baik kepada tingkat ilmu yang kita miliki. Tentunya latar pendidikan yang tinggi tidak selamanya harus melalui jalur formal, bisa juga melalui jalur non formal. Yaitu bisa melalui menimba pengalaman langsung mengenai bidang tersebut, ikut kursus, ikut seminar, dan banyak lagi.
                Namun pendidikan di Indonesia pada umumnya belum merata keberbagai level sosial. Contohnya saja banyak di daerah timur Indonesia yang belum bisa terjangkau oleh pendidikan formal. Di pedalaman hutan, suku-suku primitif banyak yang belum berpendidikan yang berdampak pada kurangnnya strata sosial di daerah tersebut. Kemiskinan, kelaparan, kesenjangan sosial seperti ini akan muncul karena tidak meratanya pendidikan orang Indonesia yang akan berkesinambungan terhadap tingkat pembangunan pada daerah tersebut. Karena mereka belum bisa mengolah sumber daya alam yang ada pada daerahnya sendiri.
               
c.       Kesimpulan
Pendidikan dan pembangunan merupakan sesuatu yang akan berjalan seperti garis lurus, mereka berdampingan dan saling mengisi satu sama lain. Semakin tinggi pendidikan seseorang akan semakin cepat dia membangun dirinya. Begitu juga jika dibandingkan dengan negara Indonesia ini, semakin tinggi tingkat pendidikan orang-orang Indonesia akan semakin cepat pula orang Indonesia dalam membangun negara ini. Namun itu semua harus di imbangi juga dengan pendidikan iman dan takwa. Karena apabila tidak begitu, orang-orang pintar hanya akan memperkaya dirinya sendiri, membangun dirinya sendiri, dan tidak untuk orang lain. Mereka akan mengedepankan kepentingannya sendiri, dari pada berbagi dengan sesama.  Pendidikan dunia plus pendidikan akhirat plus rasa sosial yang baik sama dengan pembangunan diri yang sempurna.

0 komentar:

Post a Comment