"Learning By Doing"

Thursday, October 13, 2011

PEMUDA & SOSIALISASI SERTA PERAN PEMUDA DALAM PEMBANGUNAN MASYARAKAT

10:16 PM Posted by Unknown No comments

a.      Sejarah pemuda di Indonesia
Indonesia adalah salah satu negara yang berhasil merebut kemerdekaannya melalui tangan-tangan pemuda pada kala itu. Dimulai dengan adanya organisasi pemuda seperti Budi Utomo yang memplopori terjadinya kebangkitan nasional pada 20 Mei 1908, lalu dilanjutkan dengan adanya beberapa organisasi lainnya, hingga terciptanya sumpah pemuda pada 28 Oktober 1928. Dan puncaknya pada tahun 1945 tepatnya bulan Agustus tanggal 17 Indonesia berhasil memproklamasikan kemerdekaannya. Meski itu bukan serta merta akhir dari semua perjuangan, namun itulah awal bagi bangsa Indonesia untuk menunjukkan dirinya sebagai sebuah negara besar di dunia ini.
Peranan pemuda pada masa pemerintahan Soeharto tidak terlalu nampak terlihat, hal ini disebabkan karena adanya pembatasan yang nyata dalam menyatakan pendapat kemasyarakat umum. Setelah 32 tahun berkuasa akhirnya peranan pemuda pada tahun 1998 menunjukkan taringnya kembali sebagai penggerak bangsa. Pemuda berorasi menuntut terjadinya reformasi dalam tubuh bangsa ini. Bersama Amien Rais, Gus Dur, Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan Megawati para pemuda berorasi menduduki gedung DPR hingga akhirnya turunlah pemerintahan pada saat itu.

b.  Pemuda Indonesia saat ini


Namun, sangat disayangkan apabila melihat kecendrungan pemuda Indonesia saat ini dalam mengisi kemerdekaan Indonesia. Kebanyakan dari mereka lebih terbuai untuk mementingkan diri mereka masing-masing, namun banyak menuntut. Saya sebagai salah satu bagian dari pemuda masa kini merasa sangat menyayangkan hal ini. Terlebih jika memikirkan nasib bangsa ini 20 hingga 30 tahun kedepannya. Kuatnya arus globalisasi dan rendahnya kepribadian bangsa yang tercermin dari para pemuda saat ini membuat hal ini semakin buruk dan mengkhawatirkan. Saya rasa sangat penting hukumnya apabila orang tua zaman sekarang tidak memberikan hal-hal yang bersifat kebaratan sebelum mereka mengenal kebudayaan, dan adat istiadat bangsa ini. Agar mereka menencintai bangsanya terlebih dahulu dari pada melihat yang kelihatannya baik di negara lain padahal belum tentu baik pada kenyataannya.
                Namun sesungguhnya saya tetap berharap agar pemuda Indonesia masa kini bisa lebih dewasa, serta memajukan Indonesia menjadi bangsa yang beradat timur dan maju dalam berbagai hal. Mengingat negara ini memiliki banyak sekali potensi untuk menjadi bangsa yang demikian. Semoga Tuhan meng-aamiinkan doa dan harapan kita, agar jaya selalu Indonesiaku!

Refferensi

0 komentar:

Post a Comment