"Learning By Doing"

Sunday, October 30, 2011

Pelapis Sosial Desa dan Persamaan Derajat

5:27 PM Posted by Unknown No comments


                Pelapis sosial adalah tingkatan yang ada karena macam macamnya adat kebudayaan masing-masing individu maupun masyarakat. Khususnya saya akan membahas mengenai tingkatan sosial pada masyarakat pedesaan. Tingkat kepedulian dalam masyarakat desa sangatlah tinggi dibandingkan masyarakat kota. Adanya budaya gotong royong dalam berbagai hal, terutama masyarakat pedesaan yang mayoritas petani. Biasanya akan terjadi banyak interaksi dalam keseharian mereka sehingga menciptakan kesatuan dan kekerabatan yang kuat antar individu. Hal ini mendorong mereka untuk tidak membeda-bedakan dalam hal saling membantu dan semacamnya.

                Sungguh kontras berbeda nampaknya apabila kita bandingkan dengan masyarakat kota yang cenderung mengikuti budaya globalisasi, yaitu sekulerisme dan akan menjadi matrealisme. Kebanyakan dalam kehidupan bermasyarakat, masyarakat kota cenderung mementingkan  dirinya sendiri. Bahkan terkadang tinggal berdekatan atau bersamping-sampingan rumahnya namun tidak saling mengenal.

                Pada hakekatnya masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang bersatu dan saling gotong royong. Menurut saya alangkah baiknya apabila kita semua kembali ke fitrah kita menjadi bangsa yang saling bergotong royong dan menghidupkan kembali budaya timur kita. Dan saya berharap pula masyarakat di pedesaan tidak tergerus oleh tingginya arus globalisasi dan menjadi sekuler dan kehilangan nilai-nilai fundamental tersebut. Karena kita semua sama dimata Tuhan, tidak ada si kaya dan si miskin, begitu pula tidak ada yang kulit hitam atau kulit putih. Persamaan derajat sosial ini harus lebih dan lebih lagi kita tanamkan dalam diri, agar tidak pecahnya persatuan bangsa ini dan semakin maju dalam pembangunan. Dan tidak ada lagi ketidakadilan yang terus terjadi belakangan ini dalam negara Indonesia ini. 

0 komentar:

Post a Comment