"Learning By Doing"

Tuesday, November 29, 2011

Integrasi Sosial dan Integrasi Nasional

2:14 PM Posted by Mustafa Ibrahim No comments

Apa sih dimaksud integrasi sosial?
Merupakan hal yang baru bagi saya dengan istilah integrasi sosial. Namun setelah saya peajari ternyata hal tersebut ada di sekitar kita. Yaitu proses dimana kita semua bersatu dalam suatu masyarakat dalam berbagai unsur perbedaan yang kita bawa. Unsur tersebut bisa dari suku kita berasal, ataupun keturunan, dan lain sebagainya. Hal ini sangat mendasar rasanya apalagi di Indonesia yang terdiri dari beragam suku dan merupakan suatu bangsa yang besar.




Lalu apa yang dimaksud dengan integrasi nasional?
Dan selanjutnya integrasi nasional, menurut pendapat saya setelah membaca beberapa artikel maknanyanya kurang lebih sama integrasi sosial dengan integrasi nasional. Yang berbeda dari keduanya hanyalah cakupan integrasi nasional lebih luas dan bersifat menyangkut kebangsaan suatu negara. Dan saya menyimpulkan bahwa integrasi nasional adalah proses penyatuan berbagai unsur masyarakat yang ada dalam komponen suatu bangsa demi mencapai suatu tujuan bersama (cita-cita bangsa).

Lalu apa pentingnya pengintegrasian ini?
Bila ditanya pentingnya saya akan menjawab tentu hal ini sangat penting, dikarenakan proses berbangsa akan menjadi sulit rasanya apabila tidak didasari persatuan dan kesatuan yang kuat dan terlebih masing-masing komponen bangsa di Indonesia memiliki banyak sekali perbedaan mengenai budaya serta keyakinan, maka haruslah masyarakat Indonesia saling menghormati dan menghargai warisan budaya masing-masing individu. Setelah semua komponen bangsa bersatu dan telah jelas suatu cita-cita dalam suatu bangsa, mudah saya pikir untuk saling bergotong royong menggapai cita-cita tersebut. Bukankah para pendahulu bangsa ini menggapai kemerdekaan melalui pengintegrasian nasional dan meninggalkan perjuangan yang sifatnya kedaerahan? Cukuplah hal tersebut menjadi pelajaran kita dalam membangun bangsa ini kedepannya.

Well, how about the implementation in Indonesia?
Implementasi atau penerapan dari konsep pengintegrasian ini agaknya membuat prihatin jika kita melihat bangsa Indonesia sekarang-sekarang ini. Kebanyakan masyarakat lebih mementingkan individunya masing masing. Hal ini tak terlepas dari derasnya arus globalisasi belakangan-belakangan ini. Banyak sekali pengaruh dari bangsa lain yang masuk sehingga menyebabkan hilangnya sedikit demi sedikit nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Namun hal ini Nampak bisa dihilangkan ketika negara Indonesia dihadapkan pada event olah raga ditingkat Sea Games. Seakan-akan telah bersatu padu bangsa ini mendukung Indonesia. Dan hal seperti itulah yang harus dipertahankan. Sebagai penerus perjuangan bangsa yang diwariskan para pahlawan terdahulu. Jadi kesimpulannya kita harus bersatu padu dan hentikan pengayaan diri sendiri dengan memakan hak orang lain, dan mengubahnya dengan mengayakan diri untuk memajukan kepentingan bersama demi tercapainya cita-cita luhur UUD 1945.

0 komentar:

Post a Comment