"Learning By Doing"

Monday, December 5, 2011

Pembangunan & Perubahan Sosial

11:31 AM Posted by Unknown No comments

Dewasa ini indonesia melakukan serangkaian pembangunan dalam perencanaan menghadapi kencangnya arus globalisasi dan mewujudkan cita-cita luhur bangsa indonesia. Hal ini tentu menekan masyarakat untuk berubah baik secara budaya dan pengertian sosial dalam diri mereka masing-masing. Ideologi barat, pergeseran nilai norma adalah kenyataan yang biasa terjadi dikehidupan kita sekarang-sekarang ini. Tetapi menurut saya membangun suatu bangsa menjadi maju dan sejahtera tidak selalu berarti harus berkiblat kepada kebudayaan barat, dan begitu juga kita harus lebih memperkaya budaya kita sendiri.


Kekhawatiran pada generasi penerus bangsa Indonesia secara tidak langsung membuat hati saya resah. Bagaimana tidak sementara kaum muda bangsa Indonesia tidak lagi bangga pada bangsa mereka sendiri yang telah membesarkan mereka, mereka lebih bangga menggunakan, membeli produk dari bangsa barat. Padahal jika diperhatikan pembangunan mereka tidaklah menyontek dari bangsa lain, melainkan dengan membangun negara dan kesatuan melalui nilai-nilai budaya mereka. Seperti Jepang contohnya, mereka tidak berusaha menjadi Amerika untuk menjadi semaju Amerika dan begitu pula bangsa China dengan kebudayaan dan kemajuan mereka yang pesat sekarang-sekarang ini. Mengapa kita tidak menjadi bangsa yang maju dan mensejahterakan rakyatnya dengan nilai budaya luhur yang dibaurkan dengan berbagai ilmu pengetahuan, agar kita bisa menunjukkan bahwa inilah Indonesia. Terlebih kita merupakan bangsa yang besar, yang memiliki budaya sangat beraneka ragam, yang sangat kaya akan sumber daya alam dan tidak kalah pula dalam hal sumber daya manusianya, dan banyak lagi.


Menurut saya sesungguhnya Indonesia hanyalah kehilangan nilai-nilai luhur yang tertanam pada pendahulu bangsa ini. Bangsa Indonesia terbukti tidak kalah cerdas, tidak kalah hebat, tidak kalah pintar pula dari bangsa-bangsa maju. Hal ini bisa dilihat pada mahasiswa yang tinggal dan melanjutkan studi di negara maju dan mereka bisa terbukti bersaing, bahkan menjadi yang terbaik dalam hal prestasi. Sekarang-sekarang ini menurut saya baiknya indonesia banyaklah mengingat para pejuang dimasa lalu dan meniru nilai keimanan dan nilai kebangsaan pada mereka. Agar tidak hanya membuat bangsa ini menjadi bangsa yang pintar melainkan juga bangsa yang berbudaya dan bermartabat tinggi.

Marilah kita memperkuat nilai-nilai luhur bangsa ini, karena bangsa ini terlalu banyak orang pintar tetapi kurang baik. Mengapa? Karena koruptor di Indonesia tidaklah mungkin bukan orang yang pintar tetapi mereka hanya kurang baik akhlaknya dan keimanannya. Dan janganlah kita terlalu mudah dalam menerima budaya barat, karena itu belum tentu lebih baik dari budaya kita sendiri. Agar segera kita dapat mewujudkan bangsa Indonesia yang adil, sejahtera, merdeka, dan makmur serta berkarakter dan berbudaya tanpa meniru budaya dari orang lain.

0 komentar:

Post a Comment