"Learning By Doing"

Tuesday, September 27, 2011

Penduduk, Masyarakat, dan Kebudayaan

4:38 PM Posted by Unknown No comments

Penduduk, masyarakat, dan kebudayaan adalah element dari lingkungan hidup manusia yang saling berhubungan dan saling memenuhi satu sama lain. Berikut adalah penjelasan singkat menurut saya dan dibantu beberapa sumber dibawah:

1.      Penduduk

a.       Apakah yang dimaksud dengan penduduk?
Penduduk adalah sekelompok individu (manusia) yang tinggal di suatu tempat atau wilayah dalam kurun waktu yang tidak sebentar.

b.      Apa sajakah yang termasuk ciri-ciri penduduk?
·         Tinggal disebuah wilayah dalam kurun waktu yang lama
·         Memiliki izin untuk tinggal di wilayah tersebut

c.       Permasalahan penduduk?
·         Ledakan pertumbuhan jumlah penduduk
·         Kepadatan penduduk
·         Urbanisasi yang tak terkendali

d.      Penduduk di Indonesia…
Indonesia memiliki penduduk dengan jumlah terbesar nomor ke-4 didunia. Dengan jumlah penduduk 241.973.879 jiwa pada tahun 2005 Indonesia memiliki berbagai permasalahan dengan jumlah penduduk yang besar ini. Contohnya, karenan pembangunan di Indonesia belum merata maka penduduk yang ada di desa akan ramai-ramai datang ke kota untuk mencari peruntungan pekerjaan di kota-kota besar seperti Jakarta. Akibatnya Jakarta memiliki kepadatan penduduk yang sangat tinggi, yang meneyebabkan tingginya gesekan antar individu, tingkat kriminalitas, dan menyebabkan berbagai hal negatif lainnya.


2.      Masyarakat

a.       Apakah yang dimaksud dengan masyarakat?
Masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang saling berhubungan satu sama lain melalui sebuah hubungan persisten (kelompok) dalam suatu wilayah atau tujuan yang sama.

b.      Apa sajakah yang termasuk ciri-ciri masyarakat?
·         Memiliki keterkaitan satu sama lain
·         Memiliki rasa persatuan
·         Memiliki tujuan yang sama
·         Memliki sistem pemerintahan

c.       Permasalahan masyarakat?
·         Terkadang terjadi perpecahan antara satu dengan lainnya ketika tidak puas dengan pemimpin yang berkuasa saat itu
·         Agak sulitnya menjaga keharmonisan

d.      Masyarakat di Indonesia…
Masyarakat di Indonesia sangatlah beragam. Terdiri dari berbagai suku dan budaya. Karena geografis Indonesia yang berpisah-pisah antar pulau dan luasnya Negara ini. Hal itu menyebabkan masyarakat di Indonesia memiliki sistem bermasyarakat yang berbeda-beda.



3.      Kebudayaan

a.       Apakah yang dimaksud dengan kebudayaan?
Kebudayaan adalah suatu kebiasaan yang ada dalam suatu kelompok atau masyarkat.

b.      Apa sajakah yang termasuk factor-faktor kebudayaan?
·         Kebudayaan dipengaruhi letak geografis
·         Latar belakang kepercayaan masyarakat sekitar

c.       Permasalahan kebudayaan?
·         Kebudayaan suatu suatu dengan suku lainnya sering kali bertentangan dan dapat memperkeruh suasana damai disuatu masyarakat
·         Hak cipta pada zaman modern seperti saat ini apa bila tidak cepat dipatenkan di UNESCO dapat diklaim milik negara lain.

d.      Kebudayaan di Indonesia…
Indonesia sebagai Negara yang besar jumlah penduduknya, besar jumlah pulaunya, besar pula nilai-nilai sejarahnya. Memiliki kebudayaan yang sangat kaya dan beragam. Hal tersebut juga disebabkan karena suku di Indonesia sangat banyak dan juga pengaruh dari bangsa lain, karena dahulu kala Indonesia merupakan salah satu pusat jual-beli di dunia.
            Tetapi pada zaman globalisasi saat ini, kecendrungan kaum muda terhadap kebudayaan Indonesia sangatlah rendah. Hal itu dapat disaksikan dengan kecendrungan kaum muda yang lebih suka menonton, menikmati, mendengarkan segala hal yang berbau kebarat-baratnnya. Titik klimaksnya terjadi ketika kebudayaan Indonesia diklaim oleh Negara tegangganya sendiri yaitu Malaysia, yang mengklaim bahwa batik adalah milik mereka.



Kesimpulan

Pada dasarnya ketiga hal diatas adalah sebuah kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Akan tetapi mereka memiliki perbedaan dibeberapa sisi. Contohnya, penduduk hanya tinggal di suatu geografis yang sama sedangkan masyarakat tinggal di suatu geografis yang sama dan memiliki tujuan yang sama dan telah memiliki sistem kesatuan dan pemerintahan. Dalam berjalannya kehidupan bermasyarakat dalam suatu geografis akhirnya akan menunjang lahirnya suatu kebudayaan baru dan terus berkembang menjadi ciri khas suatu masyarakat dan wilayah tersebut.

Sumber:

0 komentar:

Post a Comment