"Learning By Doing"

Saturday, March 10, 2012

Point Penting Koding Visual Basic

8:00 AM Posted by Unknown No comments
Kemarin saya baru mendapat kuliah baru mengenai visual basic 6.0. Saya menangkap beberapa poin penting dalam mempelajari dan menulis program dengan visual basic. Ternyata dalam visual basic kodingnya dimulai dari design terlebih dahulu dari pada process kodingnya terlebih dahulu. kurang lebih saya menangkap yang diberikan dosen saya seperti ini process kodingnya dalam VB6:


  1. Design 
  2. Setting Properties
  3. Baru deh koding
  4. Testing running program
  5. Masa trial dan debuging serta perbaikan koding program dari kekurang yang mungkin terjadi
  6. Publishing!


VB6 menurut saya juga mudah dalam publishingnya, karena di dalam program tersebut sudah ada fiturnya untuk melakukan publishing ke internet. Dan karena proses kodingnya dia menggunakan design terlebih dahulu itu memudahkan programmer untuk membayangkan seperti apa program nanti akan jadinya. Tetapi karena saya newbie dalam VB6 saya masih menemukan banyak sekali kesulitan, terutama saat ingin membuat variable #semoganantibisa.

kesimpulan
VB6 salah satu programming IDE yang mudah dan tidak terlalu sulit untuk beradaptasi karena basisnya hampir seluruhnya GUI. Hanya paling saat koding kita akan menemukan kesulitan. Saya pribadi merasa produk microsoft VB2010 jauh lebih baik karena fitur yang ditawarkan sangat menarik dan terutama Shadowtext saat ingin menulis kodingnya sangat membantu dibanding VB6 yang kurang koperatif #khususnyabuatsayapribadi. Okay, overall 6/10 lah penilaiannya buat VB6 :D

0 komentar:

Post a Comment